Selasa, 31 Januari 2017

Sosok Seorang Pemuda Muslim sejati


Beriman, berwibawa, berkarakter dan berkarya itulah pemuda yang didambakan oleh banyak orang. Pemuda yang tidak pernah puas dengan apa yang ia dapatkan, ia selalu berusaha, berkarya dan bekerja keras untuk mempersembahkan hal-hal yang baru, hal-hal yang penuh dengan manfaat. Karena ia selalu menyadari bahwa hidup untuk bermanfaat bagi orang, bukan mencari kedudukan, bukan mencari nama dan bukan  menjadi insan yang selalu merasa benar.

Sesungguhnya pemuda tertampan bukanlah pemuda yang memiliki rupa tampan, tapi pemuda tertampan adalah pemuda yang selalu menebar senyumnya untuk semua orang.
Sesungguhnya pemuda yang kuat bukanlah pemuda yang berotot besar, tapi pemuda yang kuat adalah pemuda yang selalu ikhlas menerima dan menjalani liku liku kehidupan tanpa berkeluh kesah, karena ia menyadari bahwa sesuatu yang dijalankan disertai dengan Allah maka semuanya akan mudah.

Dan pemuda yang paling istimewa adalah pemuda yang selalu bersujud kepada Rabbnya di sepertiga malam, mengangkat kedua tangannya, merendahkan mata hatinya dihadapan sang Ilahi dan selalu larut dalam membaca surat-surat cinta (Al-Quran). Hati dan pikirannya selalu tertuju pada Rabbnya, sehingga kesehariannya wajahnya selalu terlihat bahagia, senyumnya berbinar-binar seakan-akan ia adalah insan yang paling  bahagia di dunia ini meskipun ia terhitung kurang dalam hal materi.

Pemuda terhebat dari yang terhebat adalah pemuda yang menembus batas, mengunyah mimpi, menganyam matahari, itulah karakter dan tekad kuat nan membara seorang anak muda, ingin melampaui dari yang pernah ada, ingin mewujudkan semua mumpi-mimpinya, ingin menjadikan matahari yang menemaninya menjadi karya yang luar biasa. Silahkan para sejarahwan mencatat karya yang telah dan akan dibuatnya, silahkan para pengagum diam tanpa mampu berkata apa-apa karena melihat sesuatu yang hampir tidak dipercaya pada apa yang dilihatnya. Itulah geliat, itulah warna, itulah wajah asli seorang pemuda muslim sejati, pemuda yang memiliki sederat prestasi hebat berkelas dunia. Prestasi yang ia persembahkan bagi bangsa dan agamanya, ia persembahkan bagi peradaban Islam, ia persembahkan bagi masyarakat dunia yang ingin membuktikan bahwa Islam itu rahmat bagi seluruh alam, Islam itu sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk memberikan kontribusi kedamaian dan kesejahteraan dunia yang kian hilang. Dari atas sejadah ketaatan ia mulai bergerak, dan dari kajian bacaan Al-Qur’an ia mulai merangkai serta dari keikhlasan dan kerendahan hati ia mulai bekerja penuh semangat dalam berkarya.

Baginya ia seperti belum belajar kalau belum memahami dan menemukan sesuatu, baginya belumlah bekerja kalau ia belum sampai bercucuran keringat, baginya tidak ada kata malas dan menunda waktu, baginya ia belum merasa berbahagia kalau belum bersujud menikmati kekhusyuan shalat. Itulah sosok enerjik seorang pemuda muslim sejati. Semua bisa kita lakukan, semua bisa kita mulai, semua bisa terwujud wahai pemuda muslim. Dan dunia ini sedang menunggu karya-karya dan prsetasi besarmu.


Bangkit dan berkaryalah wahai pemuda muslim sejati !! 








Catatan : ‘’sebagian artikel ini dikutip dari kalender hijriyah (Telkom Indonesia)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar