Jumat, 13 Oktober 2017

Celoteh Murid

Tok...Tok...Tok...
Terdengar suara ketukan pintu di kamar kecil itu. Dan suara panggilan dari anak kecil "Ustadz... Ustadz... Ustadz...". Iya, itu suara Aziz murid SDQU yang tiap hari ikut program full day di sekolah. Saya pun tergegas meninggalkan tempat tidur yang empuk nan sederhana itu dan membuka pintu kamar. "Eh... Ustadz udah bangun" kata Aziz sambil tersenyum. "Shalat Ashar Ustadz, udah adzan" lanjutnya. Saya pun segera ke tempat wudhu dan ke mushallah untuk shalat Maghrib berjamaah bersama murid SDQU dan Rumah Qur'an Mulia. Usai shalat Ashar, saya kembali ke kamar untuk bersantai sejenak sambil menunggu jam dinding tepat pukul 16.00 WIB.

Sore itu, langit terlihat mendung yang menandakan akan turunnya hujan. Tak lama mata ini menatap langit tiba-tiba terdengar suara "tok...Tok... Tok...". Nah itu bukan suara ketukan pintu, tapi bell yang menandakan waktunya untuk ngajar lagi. Saya menyegerakan diri ke mushallah untuk mendampingi murid-murid dzikir sore dan lanjut ke halaqoh Qur'an. Namun, hari ini murid-murid tidak saya haruskan setor hafalan, melainkan hanya muroja'ah saja 1/2 juz dan menyiapkan kertas plus pensil untuk menuliskan sesuatu. Saya memberikan dua butir pertanyaan dan jawaban mereka tuangkan dalam kertas yang telah mereka siapkan.
Pertanyaannya adalah:
1. Apa pesan dan kesan kalian selama belajar di SDQU dan RQM?
2. Utarakan mengenai saya (Risal).
Sengaja saya memberikan dua pertanyaan itu hanya ingin tau saja apa yang mereka rasakan selama belajar dengan guru yang dikenal galak ini hehe... Jawaban mereka bermacam-macam tentunya dan lucu. Dan berikut jawaban mereka:

1. Miftah (kelas 4).
     " Kesan saya, suka sekali di SDQU karena ada kak Salman dan ada teman yang baik".
" Saya suka sama Ustadz Risal karena sukanya marah-marah seperti saya".

2. Umar (kelas 6)
" Kesan saya, biasa aja sih, cuma Paling seru mainnya hehe... Gitu deh. Tapi  disini aku bisa nambah hafalan Qur'an yang banyak. Cuman yaa... Akunya banyak bercanda jadinya gitu deh".
"Pesan, mudah-mudahan ustadznya tambah ganteng, baik, tulus, dan mudah-mudahan SDQU tambah luas dan banyak yang masuk SDQU".
"Kalo saya Ustadz Risal, Lumayan galak. Cuman kalo lagi lucu kayak badut dari Afrika. Ustadz Risal tuh belum nikah dari Makassar. Ustadz Risal tuh item, idungnya gede,. Eh.. tapi jangan salah Ustadz Risal itu keren dan pintar sering juara kelas".

3. ayyasy (kelas 4)
"Aku senang sekolah disini. Disini kalo hari Jumat shalat Jumat berjamaah di masjid Al-Qolam dan kalo hari Rabu memanah dan menembak".
"Kalo sama Ustadz Risal, ah... Lumayan sama Ustadz Risal, lumayan galak. Tapi kadang-kadang seru, suaranya bagus dan belum nikah. Kalo muridnya bandel, Ustadz Risal marah. Kalo berenang Ustadz Risal menyamar jadi hiu buat main-main sama muridnya. Kalo baris berbaris muridnya bandel, dipukulin pake kayu. Terus kalo hari Jum'at, cerita-cerita. Yah... udahlah pokonya Ustadz Risal seru".

4. Raihan (kelas 6).
"RQM itu sangat bagus, muridnya juga baik-baik. SDQU adalah sekolah yang sangat bagus dan mulia. Gurunya baik-baik. Muridnya juga baik dan ganteng semua. Di SDQU aktivitasnya juga seru, ada olahraga. Semuanya pokoknya seru. Kalo berenang dilatih sama pelatih jago.
Memanah agar kita mempersiapkan untuk perang. Menembak juga buat perang nanti. Halaqoh Qur'annya kompak dan gurunya juga bagus. Campingya juga seru.  Ya Allah Mudah-mudahan  SDQU terus bertahan dan murid-muridnya pintar semua. SDQU siap perang ke negeri Syam. Allahu Akbar....!!!

5. Naufal (kelas 6)
"Sekolah di SDQU itu seru walaupun aku masih anak baru disini. Tapi aku paling suka saat pelajaran full day dan aku disini bisa menghafal Al-Quran bersama".
"Ustadz Risal sih menurutku biasa aja, tapi kadang Ustadz Risal itu suka marah. Dan kadang baik juga dan lucu. Dan Ustadz Risal itu Suka cerita masa kecilnya. Tapi, walaupun Ustadz Risal itu tegas tapi aku yakin Ustadz Risal itu sayang sama kita".

6. Rassya (kelas 3)
" Sekolah di SDQU seru banget. Soalnya ada teman baru namanya kak Naufal. Main benteng sama dia".
" Ustadz Risal kalo mau nikah dengan orang Makassar, nanti anak muridnya diajak ke Makassar ya Ustadz".

7. Kholid (kelas 5).
"Di SDQU kadang enak kadang juga gak. Ustadznya ada yang baik ada juga yang galak"
" Kalo Ustadz Risal itu kadang galak kadang juga seru. Tapi kalo gak ada Ustadz Risal itu sepi. Kalo muridnya bercanda dia marah.  Tapi kadang juga diajak ngobrol".

8. Kalifa (kelas 3)
"Aku disini suka menembak dan memanah serta camping Qur'an. Dan kalo belajar ketawa-ketawa".
" Ustadz Risal itu suka lucu pas full day. Kalo ada yang berisik diiqob"

9. Abbas (kelas 4)
"Alhamdulillah saya sekolah di SDQU bisa menghafal Al-Quran 3 juz. Saya senang sekolah disini Ustadznya baik-baik".
"Saya senang dengan Ustadz Risal dia baik dan bisa menghibur saya. Tetapi, ketika saya bandel, saya diomelin. Walaupun Ustadz Risal kadang galak, dia juga baik. Terimakasih ustadz Risal karena sudah mengajarkan saya. Terimakasih Ustadz Risal. Cepat nikah ya....


Baca coloteh mereka,  jadi senyum-senyum sendiri.

Makin cinta dengan dunia pendidikan.
Mudah-mudahan kalian tumbuh jadi anak yang baik, soleh, hafidz Qur'an dan bisa jadi pemimpin Islam. Belajar terus. Hamasah !!.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar