Selasa, 10 Oktober 2017

Sibuk di Dunia Pendidikan itu Nikmat

Bagi saya, mendidik dan mentarbiyah adalah sebuah hobby yang begitu menarik dan membuat saya jatuh cinta. Sudah tiga tahun lamanya Allah memberikan amanah ini untuk saya jalani dan saya nikmati. Dengan segala rintangan-rintangan dan hal-hal yang tidak mengenakkan. Namun, dari situlah saya belajar bagaimana untuk menjadi pribadi yang tangguh, menjadi pribadi yang lebih sabar lagi, lebih introspeksi diri lagi dan lebih memperbanyak pengalaman lagi untuk peran-peran di dunia pendidikan berikutnya. Saya begitu sangat bersyukur karena dengan usia yang masih muda begini, Allah sudah memberikan amanah ini (ngajar full) yang notabenenya ilmu tidak begitu banyak dan bukan seorang sarjana pendidikan. Tapi masih dalam status mahasiswa di STIU Darul Hikmah Bekasi. Padat memang aktivitas sehari-hari. Sampai-sampai mencuci baju saja harus mencuri waktu kosong di malam hari karena saking padatnya. Tapi kesemua itu ternyata makin menumbuhkan benih-benih cinta dalam dunia pendidikan dan semakin bermekaran dan saya begitu menikmatinya sehingga waktu rasanya begitu cepat berlalu.

Di SD yang dibawa naungan yayasan Rumah Qur'an Mulia Al-Quds, saya diamanahkan sebagai wali kelas dan harus mengajar seluruh mata pelajaran tanpa terkecuali. Bisa? Iya bisalah, masa tidak. Meskipun awal-awal ngajar harus icip-icip dulu bagaimana cara menyampaikan materi dengan baik agar anak-anak bisa memahaminya dengan baik. Di SD inilah yang banyak merubah pribadi saya sendiri. Lebih disiplin, lebih bersih, lebih menghargai waktu dan memanfaaatkannya dengan baik. Karena Setiap murid yang sekolah disini setiap hari  harus dimutaba'ah aktivitas kesehariannya. Mulai dari shalat subuh, mandi, kebersihan kuku, dan semuanya mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut semua di mutaba'ah. Karena muridnya harus super, ya.. gurunya juga harus lebih super. Harus jadi multitalenta. Hehe...


Di luar jam mengajar di SD, juga sibuk di rumah Qur'an pusat pondok gede dan rumah Qur'an cabang jatisari. juga sibuk di bangku kuliah.  Sesibuk apapun, nikmati, jalani dan syukuri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar