Selasa, 25 November 2014

Special Gift For Mom Dibha


Hari ini adalah yang  saya tunggu-tunggu 3 hari yang lalu. Why? Karena hari ini adalah hari ulang tahunnya Mami Dibha alias hari yang special. Dan pengen sekali ngucapin happy bhirtday Mam, meskipun saya tidak tinggal lagi di Yayasan yang beliau pimpin, tapi saya masih merasa saya adalah anak asuhnya.  Dalam perjalanan untuk mengajar, kuliah dan acara lainnya, dalam pikiran selalu bertanya-tanya “kado apa yang cocok buat wanita hebat itu di hari ulang tahunnya nanti?”. Ingin rasanya saya ungkapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya di hari ulang tahunnya ini. berterima kasih karena telah ikhlas menjadi Ibu sekaligus sahabat  setia buat saya dan seluruh sahabat seperjuangan  selama 3 tahun  berjuang di Yayasan yang dipimpinnya. Kasih sayang dan perhatiannya selalu ia kerahkan untuk kami dan menjadi sebuah kenangan terindah. Hingga detik ini masih terasa kenangan itu.



Dan hari yang saya tunggu-tunggu telah tiba. Dalam hati saya berkata “Happy bhirtday Mami Dibha”. Ingin rasanya Mami ada di depan mata saya dan 28  Boys lainnya tersenyum seperti beberapa tahun yang lalu. Tapi hari ulang tahunnya ini rasanya berbeda dengan ulang tahunnya 3 tahun yang lalu. Kenapa? 3 tahun yang lalu, setiap Mami ulang tahun, pasti beliau berkunjung ke Yayasan membawa sebuah makanan yang sungguh sedaaaappp dan tentunya juga kami sebagai anak-anak asuhnya menyiapkan segalanya untuk acara ulang tahun mami. Teringat tahun pertama di Yayasan Mami ulang tahun. Mami dikerjain habis-habisan oleh MJH Boys  yang dipimpin oleh Ambo Aprial. Hingga membuat jantung Mami rasanya mau copot. Bagaimana tidak, Ihsan (salah satu MJH Boys) ngaku-ngaku tidur sama perempuan di kamar, pada hal membawa teman perempuan saja ke Yayasan adalah pelanggaran besar. Apa lagi kalau tidur sama permpuan di Yayasan, hmmm…itu mah langsung pulang aja ke kampung. Dan juga ada MJH Boys lainnya beralasan ingin pulang kampung aja karena tidak betah tinggal di yayasan. Benar-benar membuat Mami deg-degan saat itu. Setelah MJH Boys berakting di depan Mami. Bahar, Ambo Aprial dan MJH Boys lainnya masuk ke kantor membawa sebuah kue ulang tahun yang sederhana sambil bernyanyi “happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday happy birthday happy birthday to you” terlihat jelas Mami saat itu matanya melotot dan langsung nunduk di meja kantor entah nangis atau tertawa. Tapi, beberapa detik kemudian Mami  terbangun dari tundukannya dan terlihat matanya menampung Kristal-kristal beningnya sambil tertawa bahagia tentunya. Tidak ketinggalan juga saat itu, Mami dibuatin video dong sama MJH Boys J. Videonya sih sederhana nyanyi bareng “happy birthday to you doang” dipimpin sama Ambo Aprial. Kalau saya nonton videonya saat ini, hmmmm…ngakak sendiri deh jadinya. Anak-anaknya Mami saat itu masih pada cupu-cupu, apa lagi saya saat itu bootaaakkk. Hahaha… kemudian video berikutnya juga setiap MJH Boys mengungkapkan kata-kata buat ulang tahunnya mami. Seru deh pokoknya tahun pertama mami ulang tahun di yayasan yang diramaikan oleh 20 anak asuhnya mami angkatan pertama. Kira-kira mami masih ingat gak ya??. J
Kemudian ulang tahun Mami yang kedua di yayasan, acaranya sih simple tapi seru juga karena MJH Boys bertambah menjadi 24 orang. Angkatan pertama sudah gugur 2 orang, terus ditambah deh sama angkatan kedua sebanyak 6 orang. Alhamdulillah saat ini belum ada yang gugur diangkatan kedua. Ok next, Mami saat itu, datang dimalam hari bersama keluarga besarnya. Dengan membawa sebuah makanan yang tentunya seeedddaaap dong. Nah.. acara malam itu, mami dibuatin video. Isinya foto-foto satu tahun yang lalu. Fotonya bermacam-macam, ada yang mengharukan, ada yang lucu dan ada juga yang kocak bangat. Selain itu, mami juga dibuatin album  sama MJH Boys. Sebagai kenang-kenangan. Lalu dilanjutkan nonton film “badik titipan ayah”. Seperti itu sih acara ulang tahunnya mami yang kedua di yayasan.

Nah…ulang tahun yang ketiga, ini kayaknya seru juga nih yee. Mami datang ke yayasan dengan pakaian yang sederhana, baju biru dan kerudung berbunga-bunga. Saat itu, MJH Boys makin banyak karena ditambah 5 Boys lagi. Jadi totalnya 29 orang. Waaawww Mami banyak anaknya toh.. haha…
Okey, acara pun berlangsung. Kali ini lebih resmi deh kayaknya. Soalnya pake MC segala yaitu Jammil. Acara pertama ada sebuah pembacaan puisi yang dibacakan oleh 3 Boys. Saya (Risal J), Yono dan Aswar. Terus ada yang bernyanyi diiringi dengan gitar. Yang nyanyi saat itu ada Jammil sama Ihsan. Yang main gitar ada Mardi. Acara ulang tahun mami yang ketiga ini lumayan  seru dan membuat Mami bahagia. Alhamdulillah…J.  Ehhh…Satu lagi ada pemotongan kue ulang tahun juga saat itu.

Nah…tahun ke empat ini, ulang tahunnya Mami jatuh pada hari rabu 26 November 2014. MJH Boys angkatan 1 tidak lagi bernyanyi, berpuisi dan tertawa gembira menyambut hari ulang tahun Mami di yayasan. Dikarenakan mereka melanjutkan  perjuangan masing-masing di dunia perkuliahan dan pekerjaan.  meskipun demikian, kami selalu mendo’akan Mami dihari ulang tahunnya ini. ingin rasanya hari ini sama dengan hari-hari sebelumnya bersama Mami Dibha. Mengadakan sebuah momen yang indah yang sangat sulit untuk terlupakan begitu saja. Saya pribadi bangga mengenal sosok wanita seperti Mami Dibha, beliau hebat, pekerja keras, tegas, disiplin waktu, rapih, cerdas dan top berbahasa Inggris, apalagi?? Masih banyak kawan kalau ngomong tentang Mami Dibha. Hari ini,adalah hari yang tentunya membuat Mami bahagia. Karena Allah masih memberikan kesehatan dan umur panjang. Dan beliau memasuki umur yang ke 35 tahun. Udah tua belum ya? Hmmm.. kalau menurut saya sih belum, Mami saat ini masih kelihatan muda dan cantik kok. Hehe…J. happy bhirtday ya Mam J semoga sehat selalu, rezekinya dilancarkan sama Allah, umurnya diberkati Allah dan semoga sukses selalu dunia dan akhirat. Amin..
Melalui tulisan sederhana ini, sebagai kado buat Mami, saya mewakili alumni MJH Boys dengan berbagai profesi dan kegiatan saat ini, berterima kasih atas segalanya yang diberikan kepada kami. Dan inilah kegiatan kami saat ini mam:
1.      Ihsan biasa dipanggil Joli, dari Kabupaten Bantaeng.  Berjuang di kampung halaman (Kabupaten Bantaeng)
2.      Mughni Mughtaj. Dari Kabupaten Maros. Badannya gemuk, ada tai lalatnya dipipinya.  Berjuang di kampung halaman dan melanjutkan kuliah di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar jurusan Manajemen.
3.      Saifullah Djafar, dari Kabupaten Gowa.  Biasa dipanggil Ipul atau Epul. Ngekost di  Depok. Dan melanjutkan kuliah di Universitas Pamulang (UNPAM) Tangeran, Jurusan Akuntansi.
4.      Ahmad Akmal Said, dari Kabupaten Wajo. Hidungnya gede haha…J. Anak asuhnya Mami yang paaaliing pintar dan cerdas. Sekarang tinggal di rumahnya Ambo (Halim) dan melanjutkan Kuliah di Universitas Suryadarma, Jakarta. Jurusan Teknik Penerbangan.
5.      Akmal Bachdim, dari Kabupaten Soppeng. Badannya lumayan kurus. Cita-citanya ingin jadi PILOT. Dan sekarang tinggal di rumahnya Ambo (Halim) dan melanjutkan kuliah di Universitas Suryadarma,Jakarta. Jurusan Teknik Penerbangan.
6.      Dhiyaur Rahman, dari Palopo.  Berkulit hitam manis, hidungnya mancung, rambutnya kriting. Sekarang tinggal di kantor KKSS plus kerja. Dan melanjutkan kuliah di Universitas Az-Zahra, Jakarta. Jurusan Akuntansi.
7.      Ahmad Kurniawan, dari Kabupaten Bulukumba. Hmm.. ini mi yang paling gaya, paling kece dan paling PD. Sekarang tinggal di rumahnya  Pak Nur Amin. Sekarang kerja di Keporasi Madinah Indonesia. Dan melanjutkan kuliah di Universitas Az-Zahra, Jakarta. Jurusan Hukum.
8.      Muliyono, dari Kabupaten Wajo. Orangnya maco, ada ponninya. Sekarang ngekost di Yogyakarta dan kuliah di STTA Yogyakarta. Jurusan Teknik Elektro.
9.      Ahsan Coing, Pake kaca mata, dari kabupaten Bulukumba. Sekarang udah ada pendamping hidupnya yang solehah. Ngontrak di Jakarta, dan kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Antropologi Tari..
10.  Mujammil Abdullah. Bercita-cita ingin menjadi Bupati Kabupaten Sinjai. Dari Kabupaten Sinjai. Sekarang tinggal di Woodhil residence dan kerja di Keporasi Madinah Indonesia. Nabung uang untuk melanjutkan kuliah tahun depan.
11.  Akmal Anhar.  Dari kabupaten Sinjai. Salah satu alumni MJH Boys yang pertumbuhannya sangat cepat. Sekarang udah tinggi bangat.
12.  Muhammad Amin, dari Kabupaten Soppeng. Alumni MJH Boys yang paling kecil dulu. Sekarang udah gede badannya. Sekarang tinggal di Woodhil Residence. Dan kerja di kolam renang woodhil residence.
13.  Aswarul Haq. Dari Kabupaten Bulukumba. Sekarang  masih tinggal di YMJH (menjadi Pembina). Dan melanjutkan kuliah di UNKRIS, Bekasi. Jurusan Ekonomi
14.  Bahar. Dari kabupaten Sidrap. Orangnya paling maco. Sekarang kerja di kantor Notaris di Villa nusa Indah 2 Kabupaten Bogor.
15.  Mardiansyah. Dari kabupaten Maros. Alumni MJH Boys yang membutuhkan waktu yang lama (loading) untuk memutuskan sesuatu. Sekarang kerja di kantor Notaris di Jakarta.
16.  Jundullah, dari kabupaten Enrekang. Satu-satunya MJH Boys yang masuk PTN. Sekarang kuliah di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, jurusan Biologi.
17.  Muhammad Abduh, sekarang kerja  sebagai  Driver.  Tinggal di Kalibata Komplek DPR, Jakarta.
18.  Aswar anas (Suer). Sekarang di kampung. Tidak kerja dan tidak kuliah. L alias ngambang.
19.  Salman, tidak ada info L.
20.  Risal Sulle. Dari kabupaten Bulukumba. Sekarang jadi guru bahasa Arab dan Al-Qur’an. sekarang tinggal di Rumah Qur’an Mulia Jatisari sekaligus menghafal Al-Qur’an. mengajar di TKIT Al-Abraar Jaticempaka, Rumah Qur’an Jatisari dan di Yayasan MJH. Dan melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin (STIU) Darul Hikmah Bekasi. Jurusan Tafsir Hadits.

Inilah kami angkatan 1 penerima Beasiswa pendidikan  Yayasan Muslim Jabal Haq. Dengan rasa bahagia kami mengucapkan “happy bhirtday Mami J “. Do’a kami selalu teriringi untuk Mami Dibha.
The following is from my personal, maaf nih kalau bahasa Inggrisnya salah-salah. 
 
“  thank you for being a mother and a faithful friend,
Thanks also for the attention and affection during this.
I am proud to know that mommy
may God bless you this day
mom is always there for me even though I was not born from the womb”
 
Cuma dengan tulisan ini yang bisa saya jadikan sebagai kado spesial buat Ulang Tahunnya Mami.
 

happy birthday ya Mam…J JJ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar