Rabu, 26 November 2014

Tips Mengisi Hari Libur


Hari libur?? Yes, that day fun for busy people. Why not? Keseharian mereka sibuk dengan pekerjaan yang tentunya merasakan kelelahan yang luar biasa. Ketika hari libur tiba, banyak orang yang mengisi hari liburnya dengan tidur sepanjang hari dengan alasan mengumpulkan tenaga (I’ve also done it J). Tidak hanya itu, ada juga orang yang mengisi hari liburnya dengan pergi ke tempat wisata. Well, it is not wrong. Tapi kita tentunya mau dong mengisi  hari libur yang lebih bermanfaat. Nah.. berikut saya berbagi tips mengisi hari libur yang Insyaallah bermanfaat.



·         Membaca Al-Qur’an setelah shalat subuh
Bosan? Ngantuk?. Yapp, begitulah godaan setan ketika kita berusaha berbuat kebajikan. Mungkin dihari kerja, kuliah atau sekolah yang mebuat kita suupeeerrr sibuk hingga tidak ada waktu buat membaca Al-Qur’an. Nah… saat hari liburlah kita menyempatkan diri. Sebenarnya, alasan terkuat membaca Al-Qur’an setelah shalat subuh adalah kegiatan seharian kita akan berjalan lebih lancar, hari libur akan lebih bermanfaat bukan?. tapi, lebih bagus dan lebih afdal lagi kalau membaca Al-Qur’an setelah shalat Subuh menjadi kebiasaan kita every day, it was incredible.

·         Bersih-bersih Rumah
Nah.. setelah membaca Al-Qur’an, kegiata selanjutnya adalah bersih-bersih rumah. Jangan ambil nilai negatifnya. Bersih-bersih kan pekerjaan pembantu.  Hello, it should be thrown away. Tidak boleh ada yang seperti. Kan kita sendiri yang punya rumah, kita sendiri yang tidur, yang makan dll. Jadi tidak ada salahnya kita bersihkan rumah. Jangan andalkan Ibu, kakak atau adik.

·         Mencuci pakaian
Nah.. ini dia yang banyak terjadi sekarang. Apalagi kalau anak kos. Biasanya, ada loh yang bajunya tidak dicuci selama 2 minggu. oh.. my god L. Sebenarnya, kalau kita melakukan pekerjaan dengan hati, hmm..dahsyat deh pokoknya. Terasa kelembutan sabunnya, terasa airnya mengalir ditangan dan terasa juga keringat mengalir dipipi ketika sedang mencuci.

·         Nonton TV
Nonton TV yang dimaksud adalah tayangan yang bermanfaat. Example, nonton berita, acara-acara TV yang bermanfaat, Dll. Tapi jangan lama-lama, maksimal 30 menit aja. kenapa? Karena dengan menonton TV itu akan mengundang kemalasan untuk berkegiatan berikutnya.

·         Istirahat (tidur siang)
Guys, ternyata tidur siang ada manfaatnya juga loh. Berikut manfaatnya:
1.       Meningkatkan Daya Ingat Otak
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda.
2.       Menigkatkan Produktivitas Kerja
3.       Mencegah Insomnia (gejala susah tidur)
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.
4.       Menurunkan Stres
 Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.
5.       Menyehatkan Jantung. Tidur siang ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun. 

·         Lakukan hal-hal yang disukai
Saya pribadi, tidak pernah meninggalkan untuk melakukan hal-hal yang saya sukai dihari libur. Yaitu WRITE, wrting is my hobby. Kalau you apa? Lakukan dihari liburmu. Artikel ini saya buat dihari libur.

good luck, and hopefully useful. And hopefully our next holiday even harder. amin :-). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar